Baca dulu infonya ??

Bosowa Akan Bangun PLTU Berkapasitas Daya 300 MW Di Sulawesi

Jakarta - Bosowa Energi akan membangun PLTU berbahan bakar Batu Bara dengan kapasitas daya yang dihasilkan sebanyak 300 MW. Pembangunan ini dilakukan setelah perusahaan tersebut sukses membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan, yang akan menyuplai listrik ke PLN sebanyak 200 MW mulai tahun ini.

Hal ini disampaikan Presiden Direktur Bosowa Energi, Erwin Aksa usai acara penekanan tombol Boiler pengoperasian pembangkitnya secara resmi, di PLTU Bosowa Energi, Jeneponto, Minggu (18/3/2012).

"Tahun ini kami akan mulai membangun pembangkit baru kami dengan kapasitas produksi listrik sebanyak 300 MW, anggarannya sekitar USD 330 juta, 60 persen pembiayaannya dari kredit China Construction Bank, sisanya dari perbankan tanah air," ujar CEO Bosowa Group ini.

Sebelumnya, Bosowa Energi baru saja merampungkan proyek pembangunan dua pembangkit listriknnya, dengan masing-masing pembangkit menghasilkan daya 125 MW. Dua pembangkit ini dibangun dengan dana sebesar USD 250 Juta, di atas lahan seluas 80 hektar.

Dalam proyek pembangunan pembangkit ini Bosowa menggandeng perusahaan konstruksi asal Cina, yakni China Chengda Engineering. Proyek pembangunan dua pembangkit ini dapat diselesaikan hanya 19 bulan lamanya, dari total waktu yang direncanakan selama 33 bulan.

Lokasi pembangkit ini sangat strategis karena berada di kawasan teluk yang berhadapan langsung dengan laut Sulawesi. Hal ini memudahkan suplai Batu Bara yang diangkut melalui jalur laut. Setiap tahunnya, dua pembangkit Bosowa menghabiskan 1,2 juta ton Batu Bara.

Erwin berharap, pada April 2012 mendatang PLN sudah menuntaskan pembangunan jaringannya untuk menerima suplai listrik dari PLTU Bosowa. Pihak PLN membeli listrik dari Bosowa sebesar USD 5,5 sen per-KWH.

"Bila sudah beroperasi, PLN akan menghemat Rp 4 Trilyun per tahun, karena tidak lagi bergantung pada pembangkit listrik tenaga Diesel, krisis listrik di Sulawesi tidak akan terjadi lagi," tandas mantan Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini.


Sumber : detik.com
By : joyoboyo90.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment