Baca dulu infonya ??

Kegiatan Pembekalan Nilai Kejujuran Sejak Dini Oleh ( SAKTI )

Liputan6.com, Jakarta: Selain dibekali materi kepemimpinan, siswa juga ditanamkan nilai kejujuran guna memberantas korupsi. Inilah salah satu materi kegiatan pelatihan kepemimpinan Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Teladan Indonesia (SAKTI) yang diselenggarakan SMP Labschool Cibubur, Bogor, Jawa Barat.

Acara yang berlangsung di Markas Komando Latihan Kostrad Sanggabuana, Mekar Buana, Karawang, Jawa Barat ini juga menghadirkan pemateri dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tema Asyiknya Hidup Jujur. Diharapkan dengan materi tentang korupsi ini, para siswa mampu mencegah tindak korupsi sejak di bangku sekolah.

"Pada dasarnya tindak korupsi itu berbuat tidak jujur. Pengertian korupsi ini bisa berarti tidak mengikuti tata aturan, merugikan orang lain menguntungkan diri sendiri dan orang lain atau teman-teman atau mencontek," ujar Kepala SMP Labschool Cibubur Uswadin di Markas Komando Latihan Kostrad Sanggabuana, Mekar Buana, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (18/2).

Karena itu, melalui kegiatan ini para siswa bisa memahami arti korupsi sehingga dapat mencegah perilaku yang koruptif. Uswadin mengaku, sehari-hari para siswa juga telah menjalani program antikorupsi melalui beberapa kegiatan menyiapkan kantin kejujuran dan pusat kehilangan barang-barang milik murid.

"Tapi umumnya banyak ditemui anak-anak yang kehilangan justru malu mengakui barang yang hilang, misalnya kehilangan topi. Namun kami terus menanamkan rasa memiliki, sehingga jika ada yang kehilangan akan dikembalikan kepada pemiliknya," paparnya.

Bahkan, menurut Uswadin untuk menunjang antikorupsi tersebut pihak sekolah juga menanamkan kesederhanaan melalui kegiatan bakti sosial. Sehingga akan terbangun kesadaran untuk hidup sederhana. "Jadi mereka bisa sadar ada orang-orang di sekitarnya yang tidak mampu, mereka bisa tergerak untuk hidup saling membantu," imbuhnya.(ADI/ADO)

0 comments:

Post a Comment