Baca dulu infonya ??

Guna Pemberantasan Premanisme Polda Metro Jaya Menggelar Operasi Khusus

Jakarta Aksi premanisme yang merebak di wilayah Jakarta dan sekitarnya menimbulkan keresahan masyarakat. Guna memberantas aksi premanisme, jajaran Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menggelar operasi khusus.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, operasi bersandikan 'Operasi Kilat Jaya 2012' ini akan digelar pada tanggal 24 Februari 2012 mendatang.

"Operasi dilakukan selama satu bulan penuh dengan sasaran salah satunya premanisme dan kejahatan jalanan," kata Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Rikwanto mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar di seluruh Polres jajaran Polda Metro Jaya. Adapun tempat-tempat yang menjadi operasi akan ditentukan masing-masing Kepala Polres.

"Disesuaikan dengan tingkat kerawanan daerah masing-masing Polres," ujarnya.

Aparat yang dilibatkan dalam operasi ini akan ditentukan dalam apel pasukan yang akan dilaksanakan menjelang hari H. Sementara satuan yang dilibatkan terdiri dari Satuan Reserse, Satuan Lalu Lintas dan Satuan Sabhara.

Rikwanto menyambung, operasi tersebut merupakan program rutin yang dilakukan dengan anggota dan dana yang terbatas. Penyelenggaraan operasi, kata dia, bukan karena ada kasus John Kei.

"Mungkin momennya bertepatan dengan kasus John Kei saja, tetapi ini memang sudah terprogram," ujarnya.

Adapun, sasaran kejahatan operasi yakni segala bentuk premanisme seperti penganiayaan berat (anirat), pengeroyokan, pemalakan, perampasan dan lain-lain.

"Seperti kasus penusukan yang terjadi di Bongkaran, Tanah Abang beberapa waktu lalu," jelasnya.

Sementara itu, Rikwanto mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam memberantas aksi premanisme. Masyarakat juga diimbau untuk berani melawan tindakan premanisme.

"Apabila dimungkinkan terjadi kasus-kasus kejahatan premanisme, masyarakat kita minta untuk menjadi saksi," katanya.

Ia mengatakan, polisi akan menjamin keamanan saksi yang berperan dalam penumpasan premanisme. "Jelas kita jamin keselamatannya," imbuhnya.

Ia juga mengimbau agar pemolisian masyarakat lebih ditingkatkan dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing. "Masyarakat kita minta menjadi 'polisi' bagi dirinya dan lingkungannya," pungkasnya.

(mei/nrl)

Sumber : detik.com

0 comments:

Post a Comment