Baca dulu infonya ??

Pasaman Di Landa Banjir Bandang !

Jakarta Banjir bandang melanda Kecamatan Simpang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, menghayutkan ratusan rumah. Seorang warga dilaporkan turut hanyut terseret banjir tersebut.

"Dilaporkan 1 orang hilang hanyut terseret banjir bandang. 3 Orang luka-luka dan telah dibawa ke RS Lubuk Sikaping," ujar Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, kepada detikcom, Kamis (23/2/2012).

Banjir terjadi pada Rabu (22/2) pukul 18.00 WIB. Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB bersama BPBD Pasaman dan lainnya terus melakukan penanganan darurat hingga saat ini.

"200 KK telah diungsikan ke SD 03 Simpang," katanya

Banjir telah menimbulkan kerugian material meliputi 25 rumah rusak berat, 35 rumah rusak sedang, 60 rumah rusak ringan, 1 masjid rusak berat, 2 musala rusak sedang, 1 jembatan rusak berat, dan 3 jembatan rusak sedang.

TRC BNPB, BPBD Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman Barat telah melakukan evakuasi terhadap korban. Hingga saat ini masih dilakukan pendataan dan inventarisasi kebutuhan.

"Total kerusakan dan kerugian masih dalam perhitungan dengan menggunakan metode Damage and Lossess Assessment," katanya.

Posko tanggap darurat telah didirikan dan seluruh tim yang terdiri dari BNPB, BPBD, TNI, POLRI, Dinkes, PMI, Basarnas melakukan koordinasi. Logistik dan peralatan bantuan BNPB yang berada di gudang BPBD Sumatera Barat telah dikirim ke lokasi bencana untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Pada sore ini material longsor yang menghalangi jalan sudah berhasil disingkirkan. Jalan yang tertutup selama ini sudah terbuka dan dipakai. Alat berat masih siaga di lokasi banjir bandang.

"Listrik sedang diupayakan malam hari ini bisa nyala," ujarnya.

Petugas sudah menggali lubang untuk tiang darurat, tapi cuaca yang terus hujan menunda pekerjaan. Kebutuhan mendesak bagi para pengungsi antara lain selimut, terpal, air bersih, kebutuhan sandang dan pangan beserta alat penerangan.

(mei/vit)


Sumber : detik.com
By : joyoboyo90.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment