Baca dulu infonya ??

Pembelajaran Budaya Indonesia Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah siswa sekolah dasar terlihat akrab memainkan gamelan, ensembel musik yang menonjolkan metalofon, gambang, gendang dan gong. Tak ada kecanggungan saat mereka memainkan tembang Jawa secara harmonis.

Kendati saat awal belajar bingung karena gamelan cukup rumit, tapi kini mereka bisa menikmatinya. Memukul alat musik pada saat tepat agar menghasilkan bunyi yang pas menjadi tantangan bagi para pelajar ini.

Tantangan tidak kalah seru juga dirasakan para siswa yang belajar memainkan kolintang. Mereka belajar kekompakan seraya berkonsentrasi dan melatih koordinasi otak saat memainkan alat musik dari Sulawesi Utara ini.

Selain seni musik, anak-anak lainnya asyik membatik. Pada awalnya anak-anak ini belajar motif klasik, tapi kini mereka berani bereksperimen membuat pola sesuai keinginan. Mereka bangga bisa mengolah selembar kain putih menjadi batik yang cantik.

Batik buatan tangan anak-anak ini dijahit menjadi berbagai produk yang cukup diminati. Keuntungannya bisa untuk membantu kegiatan ekstrakuriler batik di sekolah.(IAN)

By : joyoboyo90.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment